Kendaraan Hebat untuk Masa Depan Desa Kita yang Lebih Baik

Sketsa pribadi saya mengenai kendaraan impian untuk pedesaan di masa depan.

Sketsa pribadi saya mengenai kendaraan impian untuk pedesaan di masa depan.

Hidup di pedesaan bukan berarti peluang untuk menatap masa depan yang cerah menjadi lebih kecil jika dibandingkan dengan hidup di perkotaan. Tanpa perlu mengubah struktur kehidupan yang ada, mereka yang hidup dalam suasana pedesaan memiliki kesempatan yang sama besar untuk menjadi orang sukses dan memberikan sumbangsih bagi bangsanya. Bahkan, sejujurnya kondisi alam pedesaan yang masih jauh dari hiruk pikuk aktivitas dan pembangunan memudahkan masyarakatnya untuk mendapatkan ide-ide segar dan inovatif. Salah satu produk teknologi yang dapat berperan dalam memajukan kehidupan di pedesaan adalah kendaraan. Di bagian awal tulisan ini, saya telah menggambarkan sketsa sebuah kendaraan di mana saya menganggap produk nantinya termasuk ideal untuk diterapkan.

Bagian depan

Bagian depan kendaraan didesain untuk meletakkan mesin penggerak dan tempat duduk di bagian depan yang mampu mengakomodasi hingga tiga orang. Setiap penumpang di bagian depan akan terlindungi dengan adanya kantung udara SRS dari benturan keras dengan dasbor ketika terjadi kecelakaan.

Sistem transmisi yang cocok untuk kendaraan seperti ini adalah sistem manual dan tuas giginya diletakkan di dasbor. Selain lampu penerangan, tak lupa juga disematkan lampu kabut untuk keselamatan dalam berkendara.

Untuk transmisi informasi, disediakan head unit dengan kemampuan memutar lagu dari USB flash disk, mendengarkan siaran radio FM, melakukan panggilan darurat, dan menampilkan bagian belakang kendaraan ketika akan melakukan parkir.

Bagian tengah

Atap kendaraan di bagian tengah bisa dikendalikan dengan sistem komputer untuk membuka dan menutup atap tersebut. Pengendara dapat menekan tombol untuk melakukan pengendalian secara manual dan sistem otomatis juga tersedia untuk menutup atap ketika terjadi hujan. Ketika atap dibuka, pendingin udara mati secara otomatis dan para penumpang bisa melihat indahnya langit serta merasakan udara segar ala pedesaan. Dengan mematikan pendingin ruangan, maka penumpang telah berkontribusi dalam mengurangi laju pemanasan global yang disebabkan oleh freon.

Jendela kendaraan bisa dibuka dan ditutup secara manual oleh para penumpang dengan sistem power window. Ketika udara terasa sejuk, penumpang bisa membuka jendela untuk menikmatinya. Ketika jendela ditutup, penumpang bisa menyalakan pendingin ruang dan mengatur suhu yang diinginkan secara digital.

Penumpang duduk berhadap-hadapan sehingga memungkinkan mereka saling bercengkerama dengan menatap wajah lawan bicara sambil menikmati suasana alam yang indah. Kursi tempat mereka duduk bisa dilipat sehingga ketika tidak ada penumpang, mobil ini dapat beralih fungsi untuk mengangkut barang. Di bagian tengah bawah kendaraan, tersedia pula bagasi untuk meletakkan barang bawaan para penumpang.

Untuk bertarung di berbagai medan, ground clearance kendaraan didesain cukup tinggi dengan ban berukuran besar.

Bagian belakang

Para penumpang bisa turun dari dalam kendaraan dengan pintu yang terletak di bagian samping kendaraan. Pintu tersebut bisa dibuka secara manual dan juga dengan menggunakan tombol. Tingginya jarak dari kabin ke bawah dipahami penulis dengan tersedianya tangga yang bisa dikeluarkan untuk jalur naik dan turun penumpang.

Bagaimana dengan barang bawaan? Tersedia pintu di bagian belakang yang dapat dibuka secara manual untuk memasukkan dan mengeluarkan barang.

Untuk keselamatan dan juga estetika kendaraan, diletakkan lampu di bagian belakang atas yang akan menyala ketika terjadi pengereman. Kamera dan sensor tak lupa disiapkan untuk membantu pengendara ketika akan memarkirkan mobil ini. Satu lagi, wiper ikut disediakan untuk membersihkan kaca belakang ketika terjadi hujan.

Mesin

Idealnya, kendaraan ini dibuat untuk menampung paling banyak tiga orang di bagian depan, empat belas orang di bagian tengah, dan barang-barang bawaannya dengan beban maksimal 1700 kg. Tenaga yang diperlukan untuk mengangkut mereka tentulah besar dan kita bisa saja dengan mudah memberikan mesin berkapasitas besar yang sayangnya mengonsumsi lebih banyak bahan bakar serta kurang bersahabat dengan lingkungan. Untuk itu, dapat dipertimbangkan penggunaan teknologi turbo dan hybrid pada kendaraan ini sehingga kapasitas mesin bisa ditekan hingga 2150 cc.

Fitur yang mungkin saja ditambahkan dan tidak akan pernah ditambahkan

Fitur ABS pada pengereman kendaraan dapat dipertimbangkan untuk meningkatkan tingkat keselamatan penumpang. Selain itu, untuk mengurangi konsumsi bahan bakar, dapat dilakukan kombinasi dengan sel surya dan baterai. Ketika sinar matahari cukup, sel surya akan mengubahnya menjadi energi listrik untuk mengisi baterai dan akan digunakan jika matahari tak lagi bersinar. Bahan bakar bensin akan kembali digunakan setelah cadangan energi pada baterai benar-benar habis.

Sebaliknya, fitur-fitur tidak disediakan jika dinilai akan membawa penumpang untuk tidak menikmati pemandangan alam secara maksimal, antara lain : modem WiFi dan televisi. Fitur ini juga akan meningkatkan kebutuhan energi listrik untuk menyalakannya dan berarti kurang bersahabat dengan alam.

Peluang usaha

Selain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pedesaan, kendaraan ini bisa digunakan untuk kepentingan pariwisata dan mendatangkan pemasukan kepada desa yang dikunjungi.

Christian Evan Chandra

View more posts from this author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *