Menulis Digital, Menghasilkan dan Mencerdaskan

Membaca akan membuka wawasan mereka yang melakukannya untuk melihat dunia. Tak akan ada konten yang dibaca tanpa kehadiran mereka yang menulis konten-konten tersebut. Menulis adalah salah satu hobi saya, menjadi penulis adalah salah satu aktivitas yang sedang saya tekuni, dan tulisan adalah salah satu bentuk karya yang saya hasilkan. Menyebarkan tulisan adalah hal yang bermanfaat bagi masyarakat dan penulis, di mana masyarakat mendapatkan manfaat dari tulisan dan penulis dapat menerima keuntungan materill dari karyanya. Menulis adalah salah satu hobi yang dapat dijadikan bisnis menggiurkan dan tak akan pernah mati dimakan zaman.

Menyadari potensi tersebut dan memanfaatkan kemudahan di era serba digital ini, saya memutuskan untuk menerbitkan tulisan saya dalam bentuk buku dan secara aktif ikut memasarkannya bersama dengan penerbit melalui jaringan Internet. Buku yang sudah beredar saat ini adalah buku berkategori wisata dengan sasaran pasar domestik, yaitu dua buku dari seri Ayo Jelajah Indonesia terbitan Bitread Digital Publishing asal Bandung. Wisata adalah kebutuhan masyarakat di waktu luang setelah menghabiskan sebagian besar waktu dalam pekerjaan masing-masing untuk mempertahankan kebahagiaan dan produktivitasnya, di mana sebagian di antara mereka mengalami kebingungan untuk menentukan destinasi pilihan mereka dan buku saya hadir bersama buku lainnya sebagai solusi atas semuanya.

download

Pemasaran yang saya lakukan bersama dengan penerbit saat ini dilakukan melalui jejaring sosial, di mana konten pemasaran berbentuk teks dan gambar. Pemssaran tidak dapat melulu fokus pada mengiklankan produk, sesekali juga harus memberikan informasi bermanfaat secara cuma-cuma dan mendekatkan diri secara personal kepada pasar. Pengguna di Indonesia terbilang cukup tinggi dengan tingkat penggunaan sering sehingga pemasaran seperti ini menjadi pilihan yang efektif. Selain itu, proses pemasaran bisa dilakukan dengan mudah hanya memanfaatkan ponsel pintar berjaringan Internet ultra cepat sehingga biaya pemasaran bisa ditekan. Jejaring sosial apa yang dinilai memenuhi kriteria? Twitter dan Instagram menjadi sasaran. Di luar kegiatan pemasaran, tersedianya jaringan Internet ultra cepat juga penting untuk mengunduh ilustrasi dan mengunggah materi ke dunia maya.

Ke depannya, apa yang akan dilakukan apabila saya diberikan sumber pendanaan segar dari luar? Dana tersebut akan digabungkan bersama dengan hasil penjualan yang telah dibukukan selama ini dan dimanfaatkan untuk meningkatkan tingkat pemasaran melalui jalur digital lainnya, termasuk iklan di mesin pencari (search engine). Tulisan baru dengan tema aktual dan target pembaca internasional pun akan dikembangkan di mana sumber pendanaan tersebut akan membiayai riset materi, proses penulisan, dan pemasarannya. Apabila konten tersebut sudah terwujud, pemasaran tentu akan diperluas menyasar kanal-kanal digital di luar Indonesia, termasuk di antaranya Channel News Asia sebagai salah satu sumber informasi terpercaya hingga hari ini dengan jangkauan negara-negara di Asia, termasuk di antaranya : Indonesia, Singapura, Malaysia, India, dan Hong Kong. Channel News Asia dapat dijangkau melalui Internet dan televisi, di mana hari ini hampir semua orang memilikinya di rumah masing-masing.

Strategi pemasaran mana yang akan dipelajari ketika menembus pasar global? Saya terinspirasi dengan perjalanan Jack Ma asal China dengan perusahaannya Alibaba dan Jeff Bezos dengan perusahaannya Amazon, dua perusahaan digital yang cukup besar di dunia. Alibaba berhasil merambah dunia setelah sukses mengembangkan pasar domestiknya, sedangkan Amazon sudah terkenal dengan belanja digital termasuk buku fisik dan digital berskala global.

Christian Evan Chandra

View more posts from this author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *