Terbitkan Websitemu!

Hari ini kita tidak lagi hidup era 90-an atau awal 2000 ketika Internet masih mahal, hanya bisa diakses dari komputer dan ponsel berharga selangit, dan umumnya kita mengaksesnya dari warnet. Internet saat itu boleh dibilang masih eksklusif, belum banyak digunakan di masyarakat. Hari ini siapa pun punya akses yang luas terhadap jaringan Internet. Berbekal ponsel pintar dengan harga terjangkau dan internet broadband dengan harga terjangkau pula atau bahkan terhubung ke jaringan WiFi gratis, dunia sudah bisa dijelajahi dalam genggaman.

Internet sudah dimanfaatkan dengan baik secara luas di berbagai aspek kehidupan. Situs berita daring perlahan menggusur keberadaan media cetak. Iklan di media sosial perlahan menggusur keberadaan iklan lembaran. Artikel di blog, ensiklopedia daring, dan buku elektronik perlahan menggusur referensi dalam bentuk cetak. Toko daring perlahan menggusur keberadaan toko fisik. Banyak pihak memperoleh keuntungan dan banyak pula yang harus menanggung kerugian dari semua perubahan yang terjadi.

Di manakah posisi kita? Apakah kita ingin memperoleh keuntungan atau hanya duduk diam melihat semuanya? Mari terbitkan website kita sendiri sesuai dengan kemampuan dan keinginan kita sendiri. Penulis ingin membuat website apa? Penulis ingin membuat website terintegrasi dengan beragam jenis sajian.

Pertama, tentu saja artikel non-fiksi seperti pada blog-blog umumnya yang bisa memberikan manfaat bagi para pembaca. Pembaca bisa mendapatkan wawasan secara cuma-cuma dan penulis tetap mendapatkan honor melalui iklan yang terpasang. Kedua, penulis sesekali akan menerbitkan tulisan fiksi untuk memberikan hiburan kepada para pembaca. Tulisan ini tentunya dibuat oleh penulis sendiri, sama dengan artikel non-fiksi di poin sebelumnya. Ketiga, penulis akan membuka kanal e-commerce di mana pengunjung bisa membeli buku-buku tertentu yang kelak ditulis sendiri oleh penulis dan juga barang-barang lain yang dijual oleh penulis.

Keempat, penulis akan membuka kanal beriklan. Lain dari kanal iklan biasanya di mana penjual mencari pembeli untuk membeli produk yang mereka jual, penulis justru akan mengajak para pembeli untuk mencari penjual produk yang mereka butuhkan. Jelas, permintaan akan datang dari pihak pembeli. Kelima, penulis akan membuka kanal forum. Untuk topik tertentu yang sedang hangat dan dianggap seru oleh penulis, penulis akan memberikan kesempatan kepada para pengunjung untuk memberikan pikiran mereka. Keenam dan terakhir, penulis akan membuat alamat surel untuk penulis sendiri menggunakan domain situs, agar penulis tetap dipandang profesional.

Tentunya penulis menginginkan website yang profesional, stabil, dan aman. Dalam membuat website sendiri, ke depannya penulis ingin memiliki domain pribadi. Penyedia domain yang memudahkan saya untuk menerbitkan website dalam waktu singkat adalah DomaiNesia. Caranya bagaimana?

Banyak cara membuat website. Jika Anda ingin mendapatkan tampilan dan fungsi spesifik sesuai yang Anda kehendaki, Anda bisa membuatnya sendiri dengan menulis kode dalam bahasa HTML, PHP, CSS, dan SQL. Jika Anda tidak menguasai bahasa tersebut, Anda bisa memanfaatkan aplikasi pembuat website seperti Adobe Dreamweaver. Jika Anda ingin membuat website dengan mudah dan tidak mendambakan keunikan yang terlalu mendetil, gunakan saja aplikasi dan template yang sudah ada. Kalau saya sih, gunakan aplikasi dari DomaiNesia saja. Dalam waktu singkat, tercipta website yang bagus dan bermanfaat.

Kembali lagi, domainnya mau domain apa nih? Tentu domain .CO.ID yang tersedia di DomaiNesia dong, kan saya orang Indonesia. Setiap konsumen DomaiNesia akan mendapatkan fasilitas enkripsi SSL secara gratis, wah situs saya akan semakin aman.

Itu keinginan saya, bagaimana dengan Anda para pembaca? #ciptakanwebsitemu, terbitkan websitemu!

Christian Evan Chandra

View more posts from this author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *