Memajukan Wanita Indonesia melalui Toko Online, Website, dan Mobile App

Sejak awal kehadirannya, wanita diciptakan sepadan dengan pria dan berperan dalam menciptakan hubungan yang saling melengkapi. Wanita dan pria punya hak yang sama dan peluang yang sama untuk menjadi sukses, tidak boleh terjadi diskriminasi berdasarkan jenis kelamin. Kesetaraan hak ini semakin tegas di negara kita setelah perjuangan para pahlawan wanita, termasuk di antaranya Raden Ajeng Kartini, Dewi Sartika, dan H. R. Rasuna Said. Bahkan, untuk nama yang disebutkan pertama, kini ada hari yang dikhususkan untuk mengingat kontribusinya yaitu Hari Kartini setiap tanggal 21 April. Perjuangan Ibu Kartini dulu tidak boleh disia-siakan dan kini harus diisi dengan semangat tinggi para wanita untuk menjadi insan-insan yang berprestasi serta bermanfaat bagi bangsa dan negara.

DewiKartiniSaid

Zaman sekarang, kesuksesan banyak diraih oleh para wanita. Inovasi dan kreativitas hadir dari pemikiran wanita, kepemimpinan yang tegas dan maju digerakkan oleh jiwa baja seorang wanita, bisnis yang besar dan mampu mempekerjakan banyak orang didirikan oleh seorang wanita. Di dunia pemerintahan, kita sudah pernah menempatkan wanita-wanita terbaik bangsa di bangku eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Kesempatan sangat terbuka untuk wanita lainnya mendapatkan kesuksesan yang sama dengan salah satu media yang tidak boleh dilewatkan adalah teknologi. Tanpa pemahaman dan penguasaan terhadap teknologi, wanita akan sulit bersaing dengan wanita lainnya dan juga pria.

Dua menteri wanita kebanggaan Indonesia, Ibu Susi Pudjiastuti dan Ibu Sri Mulyani Indrawati.

Dua menteri wanita kebanggaan Indonesia, Ibu Susi Pudjiastuti dan Ibu Sri Mulyani Indrawati.

Peran toko daring untuk wanita Indonesia

Meskipun dikatakan bahwa hobi wanita adalah berbelanja, kenyataannya banyak juga wanita yang tidak suka berkunjung ke pusat perbelanjaan. Ada pula di antara mereka yang tidak memiliki waktu luang untuk berkunjung ke pusat perbelanjaan karena kesibukan masing-masing. Ketika toko daring hadir, para wanita bisa menjelajahinya dan melihat produk-produk yang dijual hanya melalui perangkat pintar. Wanita diberikan kemudahan untuk mengetahui teknologi terbaru, gaya berpakaian yang sedang populer, dan buku baru yang sayang untuk tidak dibaca. Bagi mereka yang memiliki hobi berbelanja, kegiatan berlangsung lebih cerdas dan lebih hemat karena bisa membeli barang terbaik dengan harga termurah.

TokoOnline

Toko daring juga memberikan peluang kepada para wanita untuk memperoleh pendapatan besar tanpa harus melupakan tanggung jawabnya terhadap keluarga di rumah dan meninggalkan kebiasaan berkumpul bersama teman-teman. Dengan modal yang tidak terlalu besar, fleksibilitas waktu kontrol, dan pangsa pasar yang luas, wanita bisa mengumpulkan uang belanjanya sendiri tanpa harus meminta kepada pasangan, orang tua, atau anak, terlebih lagi di tengah kehadiran online malls seperti sekarang. Peluang terbesar datang dari produk yang memang ditujukan hanya untuk wanita karena pihak yang bisa menjelaskan produk tersebut dengan sangat baik kepada konsumen adalah kaum wanita itu sendiri. Paling tidak dibutuhkan teknik memasarkan yang baik untuk bisa sukses berjualan daring, terlebih lagi jika ingin memiliki situs toko yang berdiri sendiri harus menguasai web programming. Ada dua cara untuk mencapainya, yaitu dengan belajar otodidak atau mengikuti kursus membuat toko online dan kursus internet marketing.

Aminah

Peran website untuk wanita Indonesia

Internet membuka wawasan terhadap berbagai hal di berbagai belahan dunia yang sebelumnya tidak diketahui sama sekali hanya melalui genggaman perangkat pintar. Aksesnya sangat cepat dan biaya yang dikeluarkan lebih murah dibandingkan membeli buku, lagi-lagi fleksibilitas waktu dan tempat juga menjadi faktor pendukung. Wanita punya kesempatan untuk memahami hal-hal baru dan menggunakannya sebagai dasar berinovasi di lingkungan kehidupannya masing-masing. Kehadiran berbagai jenis website berdasarkan spesialisasinya masing-masing dan kemudahan untuk menemukannya melalui mesin pencari bisa dimanfaatkan untuk :

  • menambah wawasan mengenai apa yang ada dan terjadi di Bumi ini,
  • memperdalam ilmu yang telah dimiliki sebelumnya,
  • lebih memahami diri sendiri dan hal apa yang harus dilakukan untuk memajukan diri serta menjaga kesehatan,
  • mendalami peran apa yang bisa diberikan untuk memajukan kehidupan keluarga dan lingkungan,
  • mencari tahu apa yang bisa dieksplorasi dalam menciptakan inovasi,
  • mencoba resep masakan baru,
  • dan masih banyak lagi.

RoycoDokter

Tidak hanya melihat, membaca, dan memanfaatkan konten yang tersedia di website, wanita juga bisa menuangkan apa yang diketahui dan dipikirkannya baik dengan menjadi kontributor di website tertentu maupun menulis di website pribadi. Apa saja yang bisa ditulis? Banyak, bisa berupa pengetahuan, pemikiran, pengalaman, inovasi, tips, atau keluhan. Dengan demikian, wanita bisa menjadi pribadi yang lebih bermanfaat, yaitu :

  • membantu sesamanya dengan membagikan apa yang diketahui,
  • meningkatkan partisipasi kaum wanita di dunia daring,
  • memberikan kontribusi terhadap kemajuan bangsa dan negara,
  • serta berkesempatan mendulang pendapatan yang bisa digunakan sendiri, mencukupi kebutuhan keluarga, atau membantu mereka yang membutuhkan.

AnneAhira

Tertarik memiliki website sendiri? Pastikan cara membuat website dan selera netizen telah dikuasai sehingga website tidak hanya bermanfaat secara konten, tetapi juga menarik untuk dikunjungi.

Peran mobile app untuk wanita Indonesia

Wanita adalah kaum yang cerdas dan menyukai kepraktisan. Waktu adalah hal yang berharga dan harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mendapatkan banyak hal. Tentu membuang waktu apabila untuk menengok berita dari beberapa sumber harus membuka browser, mengetik alamat situs pertama, menutupnya, membuka situs kedua, terus sampai situs terakhir, tidak efisien. Butuh barang atau jasa dan harus melakukan hal yang serupa? Sangat membuang waktu. Ketika teknologi semakin maju, hadir aplikasi mobile yang memudahkan semuanya.

Selain lebih praktis dan lebih hemat, aplikasi mobile juga seringkali dilengkapi dengan update push notification sehingga wanita akan tetap mendapatkan informasi terbaru dan penting secara tepat waktu tanpa harus terus terpaku dengan ponselnya dan meninggalkan tanggung jawab di rumah. Butuh sesuatu tinggal klik saja langsung dari ponsel masing-masing, betul? Kehadiran aplikasi mobile juga membuka lowongan kerja baru untuk para wanita. Layanan pelanggan, itu sudah biasa mengingat wanita dipandang lebih cocok di posisi ini atas keramahan, kesabaran, dan ketelitiannya. Tak sampai di situ, sudah banyak wanita yang duduk sebagai programmer dari aplikasi mobile dan melahirkan aplikasi yang bermanfaat untuk masyarakat!

Teknologi tidak terlalu membutuhkan aspek fisik, teknologi lebih membutuhkan tekad dan keseriusan untuk maju bersamanya. Peluang sangat terbuka, saatnya bagi wanita Indonesia untuk menunjukkan eksistensinya di kancah dunia melalui teknologi. Semangat, semangat, semangat, terus bangkit dan bangkit! Akhir kata, Selamat Hari Kartini untuk seluruh wanita Indonesia! -CEC-

Ilustrasi diambil dari Google Images, Maxmanroe, Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Dokter Sehat, dan Royco Indonesia

Christian Evan Chandra

View more posts from this author
One thought on “Memajukan Wanita Indonesia melalui Toko Online, Website, dan Mobile App

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *