Pelajari Dunia Komputer di Mana Saja dan Kapan Saja, Bagaimana dan Untuk Apa?

Salah satu perangkat pintar dengan dua sistem operasi sekaligus. Gambar dalam kolase diunggah oleh Mastertekno.com, Seluler.ID, dan kanal Youtube Ifandri Aryono.

Salah satu perangkat pintar dengan dua sistem operasi sekaligus. Gambar dalam kolase diunggah oleh Mastertekno.com, Seluler.ID, dan kanal Youtube Ifandri Aryono.

Di zaman modern seperti ini, menggunakan komputer dan perangkat pintar lainnya bukan lagi hal yang asing di tengah fitur yang semakin beragam, harga yang semakin terjangkau, dan ketersediaan jaringan internet baik. Justru, ketika kita masih menggunakan cara kerja manual dengan menggunakan kertas, pulpen, dan kalkulator, orang lain akan menganggap kita kuno dan lambat. Lihat saja lingkungan di sekitar kita, apa pun yang dibutuhkan, perangkat pintar yang dibuka, mulai dari : menghubungi teman, memesan transportasi, membeli makanan, berbelanja, mempromosikan produk, memeriksa dokumen, sampai berkonsultasi seputar kesehatan. Smartphone digunakan selama masih bisa memenuhi kebutuhan, jika sudah tidak cukup baru komputer atau laptop akan menggantikannya.

Bisnis online sebagai salah satu peluang yang dapat diraih dari kemampuan memanfaatkan internet. Gambar dalam kolase adalah hasil screenshot aplikasi Tokopedia, Shopee, dan BukaLapak.

Bisnis online sebagai salah satu peluang yang dapat diraih dari kemampuan memanfaatkan internet. Gambar dalam kolase adalah hasil screenshot aplikasi Tokopedia, Shopee, dan BukaLapak.

Anda akan mendapatkan banyak kerugian jika tidak bisa menyesuaikan diri dan tidak mau belajar untuk memanfaatkan semua kecanggihan ini. Anda menutup peluang untuk mengenal lebih banyak orang, mempelajari perubahan dunia, dan mendapatkan uang dari berbagai hal di seluruh dunia. Internet telah memberikan mata pencaharian bagi mereka yang sebelumnya kesulitan mendapatkan pekerjaan di dunia konvensional dan mau berusaha, meliputi : pebisnis online, professional blogger, Youtuber, online freelancer, dan masih banyak lagi. Fakta berikutnya, menurut laman Facebook fan page Baba Studio, lebih dari 132 juta orang Indonesia (atau setara 51%) sudah terhubung dengan internet dan lebih dari 60%-nya memiliki akun jejaring sosial. Jika saat ini masih menggunakan sistem konvensional, harus bagaimana?

Pertumbuhan pengguna internet dan jumlah mereka yang berbelanja secara online sesuai infografis Liputan6.com

Pertumbuhan pengguna internet dan jumlah mereka yang berbelanja secara online sesuai infografis Liputan6.com

  1. Mulailah dengan membeli perangkatnya!
    Perangkat pintar tidaklah mahal jika Anda tidak membeli perangkat dengan spesifikasi yang terlalu luar biasa. Belilah sesuai kebutuhan, khususnya bagi Anda yang masih pemula. Dengan uang sekitar Rp1 juta, Anda sudah bisa mendapatkan smartphone Android dengan konektivitas 4G LTE. Dengan uang sekitar Rp2-3 juta, Anda sudah bisa mendapatkan PC desktop atau laptop dengan spesifikasi standar dan kemampuan menjalankan aplikasi perkantoran berbasis sistem operasi Windows 10.

  2. Isilah perangkat dengan aplikasi gratis!
    Aplikasi berbayar dengan lisensi asli harganya tidak murah, sayang jika kelak Anda tidak menggunakannya dengan maksimal. Padahal, jika Anda mau, Anda bisa mengunduh aplikasi gratis untuk mengisi perangkat Anda dan fiturnya tak kalah dengan aplikasi berbayar, misalnya untuk aplikasi perkantoran antara OpenOffice, WPS Office, dan Microsoft Office.

  3. Pelajari cara menggunakan perangkatnya!
    Sudah punya perangkatnya, sudah punya aplikasinya, jangan sampai menganggur di rumah dan pelajari dengan baik cara menggunakannya sesuai kebutuhan Anda. Ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk belajar, mulai dari :

    • Belajar otodidak dengan melihat ikon dan membaca teks yang ada di antarmuka aplikasi, sistemnya mencoba-coba alias try and error. Jika beruntung, aplikasi bisa dikuasai dengan cepat. Jika tidak? Anda hanya akan menghabiskan waktu menjelajahi aplikasi dan ketika melakukan kesalahan fatal, Anda bisa merusak perangkat Anda!
    • Membaca artikel di internet dan menonton video tutorial. Teknik ini lebih baik dibandingkan belajar otodidak dan bisa dilakukan di mana saja, permasalahannya Anda tidak bisa mendapatkan solusi secara langsung jika menghadapi kendala. Satu-satunya cara adalah bertanya di forum dan menunggu jawaban dari mereka yang memiliki kemampuan lebih.
    • Membeli buku di toko buku, membaca teks, melihat ilustrasi, dan mencoba untuk praktik langsung di perangkat. Teknik ini membutuhkan modal lebih besar mengingat buku tidaklah murah, terlebih jika Anda membeli buku baru. Sama seperti belajar melalui internet, Anda tidak bisa mendapatkan solusi secara langsung jika menghadapi kendala. Nasib baik bagi Anda yang bisa bertanya kepada penulis buku secara pribadi, jika tidak lagi-lagi bertanyalah di forum.
    • Mengikuti program kursus. Dengan terstrukturnya program pembelajaran, ketersediaan pengajar yang berpengalaman dan siap membantu dalam menghadapi berbagai kesulitan, dan dukungan teman-teman sesama peserta kursus, Anda akan lebih mudah dalam menguasai praktik pengoperasian perangkat.

Bicara mengenai kursus, kita sudah mengidentifikasi bahwa metode ini adalah metode terbaik untuk bisa menguasai praktik pengoperasian perangkat dengan cepat dan terampil. Bagaimana caranya untuk bisa mengikuti kursus? Pertama, tentukan dulu apa yang ingin dipelajari. Kedua, tentukan kursus mana saja yang cocok dan bagus untuk tempat kita belajar. Ketiga, tentukan tempat kursus yang paling sesuai. Keempat, tentukan jam kursus. Itu kursus pada umumnya di mana kita harus datang ke tempat kursus untuk belajar bersama teman-teman yang lain. Bagaimana jika kita sehari-hari sekolah, kuliah, atau bekerja, sudah pulangnya menjelang malam masih banyak pekerjaan pula? Belum lagi, rumah kita jauh dari tempat kursus, sayang sekali ya. Ada solusi tidak ya untuk kita-kita ini?

Sudah bekerja keras, masih harus mengejar kursus tatap muka? Jangan sampai kelelahan seperti wanita pada ilustrasi yang diunggah 123RF.com ini!

Sudah bekerja keras, masih harus mengejar kursus tatap muka? Jangan sampai kelelahan seperti wanita pada ilustrasi yang diunggah 123RF.com ini!

Don’t worry be happy, ada kabar gembira untuk kita semua. Dengan semakin cepatnya koneksi internet dan berkembangnya pemanfaatan internet, kita bisa bebas merdeka belajar dari mana pun dan kapan pun dengan mengikuti program kursus online. Kita tidak perlu beranjak ke tempat kursus dan mengatur jadwal, kita bisa belajar kapan saja kita sempat bahkan sambil berbaring memegangi laptop di atas kasur. Materi dilihat di atas kasur, praktik di atas kasur, bertanya kepada pengajar juga di atas kasur. Bisa belajar apa di atas kasur bersama kursus online?

  1. Kursus komputer online, di sini Anda dan saya akan mempelajari dasar-dasar mengoperasikan komputer, membuka browser untuk menjelajah dunia maya, dan menggunakan aplikasi perkantoran lengkap dengan formatting dan formula yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Kursus desain grafis online, di sini Anda dan saya akan mempelajari bagaimana mengolah gambar, teks, dan hal-hal lainnya terkait dunia visual menjadi sebuah karya grafis yang menarik, mampu mengomunikasikan maksud pembuatannya kepada mereka yang melihat, dan terlihat berbeda dengan karya pihak lain sehingga mudah diingat. Untuk bisa melakukannya, selain harus mengerti dasar-dasar teknik desain grafis, Anda juga harus bisa menggunakan aplikasi desain grafis yang umum digunakan seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, atau GIMP.
  3. Kursus website online, bagi Anda yang ingin membuat dan mengelola situs web sendiri untuk kepentingan bisnis, pekerjaan, atau sekadar blogging, program ini adalah program yang tepat untuk Anda. Di sini kita akan belajar membangun website dari nol baik tampilan, navigasi, script, database, hingga file management. Banyak hal yang kita pelajari, misalnya : HTML, CSS, PHP, dan masih banyak lagi.
  4. Kursus internet marketing online, di sini kita akan belajar bagaimana memanfaatkan jaringan internet untuk melakukan kegiatan pemasaran dan meningkatkan penjualan dari produk-produk yang kita pasarkan. Pemasaran melalui internet bisa membawa produk kita kepada sasaran pelanggan yang lebih luas dengan biaya pemasaran yang lebih efisien dan efektif.
  5. Kursus SEO online, di sini kita akan belajar bagaimana situs web dan konten yang kita miliki di dalamnya bisa menembus halaman depan di hasil pencarian search engine seperti Google dan Bing tanpa harus membayar iklan pay per click. Dengan melakukan SEO dan berhasil menempatkan konten kita di halaman depan hasil pencarian, tentu akan datang lebih banyak pengunjung lagi ke situs kita dan kepentingan kita bisa lebih mudah tercapai, misalnya untuk menambah pendapatan iklan, memenangi lomba berbasis SEO, dan melakukan kegiatan internet marketing.
  6. Kursus animasi online, pernah melihat animasi dengan kisah dan tampilan yang menarik baik untuk kepentingan edukasi maupun iklan? Ingin bisa membuatnya? Sebelum itu, kita harus punya kemampuan merangkai cerita dengan baik dan lebih penting lagi kemampuan mengoperasikan aplikasi pembuatan animasi termasuk berbasis Flash!
Kemampuan di dunia komputer yang dapat dipelajari dari kursus online. Gambar adalah milik sendiri.

Kemampuan di dunia komputer yang dapat dipelajari dari kursus online. Gambar adalah milik sendiri.

Siapa yang berada di balik ini semua? Perkenalkan tempat terbaik belajar membuat web, bisnis online, dan internet marketing yang telah meraih ratusan penghargaan, mencetak puluhan ribu alumni yang berhasil membangun situs web ternama dan memenangkan lomba berhadiah ratusan juta Rupiah, dan berhasil menjual puluhan ribu produk per bulannya mulai dari buku seharga Rp50 ribu hingga jasa konsultasi seharga Rp27 juta. Semua ini diraih dengan pengalaman selama tiga belas tahun, yaitu lembaga Babastudio. Sejak 2013, sebagaimana dituliskan di situs resminya, lembaga ini dipercaya sebagai konsultan website milik kementerian di Indonesia.

Salah satu pencapaian lembaga Baba Studio yang diunggah di situs resminya.

Salah satu pencapaian lembaga Baba Studio yang diunggah di situs resminya.

Pada 2016, bersama Detik.com, Babastudio menjadi narasumber workshop yang diselenggarakan oleh BKPM untuk mendatangkan investor ke Indonesia melalui sarana , mantap! Atas semua prestasinya dan bukan karena iklan, Babastudio telah diliput tiga media besar yaitu Metro TV, KOMPAS, dan Detik.com.

Lokasi fisik kursus Babastudio dan fasilitas untuk kursus tatap muka yang dimiliki, diunduh dari situs resmi Baba Studio.

Lokasi fisik kursus Babastudio dan fasilitas untuk kursus tatap muka yang dimiliki, diunduh dari situs resmi Baba Studio.

Harganya mahal? Tentu harga yang ditawarkan Babastudio tergolong terjangkau dan sesuai dengan kualitas pembelajaran yang diberikan. Jika tak yakin dengan kualitasnya, Anda bisa mencobanya terlebih dahulu dengan mengikuti kelas free trial secara cuma-cuma. Sudah puas? Ya lanjutkan dengan kelas penuh. Ingin melihat wujud tempat kursus Babastudio secara fisik, takut setelah menerima uang eh lembaga kursusnya kabur? Silahkan kunjungi di Semanggi (Jakarta Selatan), ITC Permata Hijau (Jakarta Selatan), Summarecon Mal Serpong (Tangerang), atau Graha Cempaka Mas (Jakarta Pusat).

Manfaatkan kecanggihan teknologi untuk belajar di mana saja dan kapan saja melalui program kursus online seperti yang dilakukan wanita di gambar yang diunggah oleh Unilearn ini!

Belajar di mana saja, kapan saja, jadi pandai menggunakan komputer dan mampu menghasilkan serta menjual karya-karya bernilai tinggi, semuanya bisa dilakukan dengan cepat dan terampil! Tidak alasan lagi jadwal mepet, rumah jauh dari tempat kursus, jalanan macet, tidak tahu kursus yang oke di mana, karena Babastudio menyediakan solusinya bagi kita semua. Setelah bangun tidur di rumah, saat makan siang di kafe, sebelum tidur, atau saat liburan, kita tidak akan tertinggal materi karena semuanya tersedia secara online. Tunggu apa lagi, apa pun pekerjaan kalian dan berapa pun usia kalian, tidak ada kata terlambat untuk mulai belajar!

Christian Evan Chandra

View more posts from this author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *